Selasa, 02 November 2010

Bijak Mengelola Gaji

COBA tanyakan kedalam diri, mengapa Anda sulit menabung? Bisa jadi karena pendapatan yang tidak berbanding lurus dengan pengeluaran. Terlalu banyak utang atau keinginan yang tidak seimbang dengan kebutuhan.

Daripada mengeluh karena gaji tidak mencukupi kebutuhan, kini saatnya Anda harus mulai cermat dalam mengelola keuangan.

Berikut beberapa solusimenyimpan uang gaji, seperti yang dikutip dari hubpages.

1. Jangan tunda membayar angsuran kartu kredit. Dengan melunasi angsuran tersebut, di bulan-bulan berikutnya Anda tidak akan terbebani lagi dengan hutang.

2. Belilah berdasar kebutuhan, bukan berdasar keinginan. Karena kebutuhan adalah yang utama, sedang keinginan Anda masih bisa tunda.

3. Belajar mengerem kebiasaan belanja impulsif (boros). Ini mengacu pada poin ke 2.

4. Hindari memiliki lebih dari dua kartu kredit di dalam dompet. Hal ini membuat Anda tidak bisa mengontrol penggunaannya. Anda semakin tergoda untuk terus menggesek, sampai tidak disadari tagihan kartu kredit menggunung.

5. Usahakan menyimpan gaji dalam bentuk investasi, bermain reksadana atau mendepositokan uang yang bisa ditarik sesuai persetujuan. Cara seperti ini sama saja seperti Anda menabung.

6. Sisihkan 10 sampai 30 persen gaji setelah menerima gaji, lalu simpan di bank yang berbeda. Jangan pernah memakai uang yang berada di bank berbeda tersebut. Agar tidak tergoda melakukan penarikan uang, jangan membuat fasilitas kartu atm pada akun bank tersebut.

Tetapi Anda juga berhak memuaskan diri setelah bekerja keras. Hadiahi diri Anda dengan berbelanja minimal dua atau tiga bulan sekali, namun yang terpenting tetap mengelola keuangan secara bijak.
(maya/hp/CN19)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Powered By Blogger
 

Fortuner SUV Terbaik | Century 21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia | Software Toko Program Kasir Terbaik | Commonwealth Life Perusahaan Asuransi Jiwa Terbaik Indonesia